Sukses

Keputihan Terus-Menerus

29 Jul 2020, 14:59 WIB
Wanita, 31 tahun.

Malam dok. Saya mau tanya seputar keputihan seperti ampas tahu dan gatal. Dulu sempet ke dokter cek. Dan di ksh obat cryptal dan sembuh. Tapi selang brp bulan muncul lagi keputihan nya. Dan saya sudah coba cara alami untuk sembuhin memang berangsur hilang tapi kalo mau datang bulan dy muncul lagi dan klo sudah berhenti dy muncul lagi. Kira2 penyebab nya apa ya dok? Saya sudah ikut anjuran mengunkan sabun ph alami untk membersihkan miss v. Dan mengunakan pakaian dalam katun yg bagus. Tapi masih muncul juga. Solusi nya apa yah dok ? Terima kasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada setiap wanita. Keputihan dikatakan normal apabila cairan yang keluar berwarna bening atau agak putih, kental/agak cair, tidak berbau, tidak menimbulkan gatal dan nyeri.

Jika keputihan Anda seperti ampas tahu dan gatal, kemungkinan penyebabnya bisa karena infeksi bakteri atau jamur. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan obat antijamur yang biasanya dimasukkan ke dalam vagina dan bisa juga dengan obat minum.

Tips tambahan untuk mencegah keputihan berulang adalah:

- Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab

- Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat

- Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu

- Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk

- Jika menggunakan pantyliner, selalu ganti tiap 3 jam agar kebersihan terjaga

- Seringlah konsumsi makanan yang sehat untuk organ intim, seperti yoghurt

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar