Sukses

Nyeri Dada dan Berdebar-debar

29 Jul 2020, 13:00 WIB
Wanita, 16 tahun.

Selamat malam dok, saya merasakan nyeri dada dan merasakan kecepatan jantung yang sangat berbeda sekali. Saya mengalami ini gejala ini sudah 7 bulan, apakah yang saya alami ini cukup serius dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, dada sebelah mana yang nyeri? apakah ada nyeri yang menjalar ke punggung, leher, lengan atas? apakah ada keringat dingin, sesak? 

Nyeri dada bisa disebabkan oleh gangguan pada otot, saraf, pembuluh darah, ataupun organ disekitar dada tersebut. 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Untuk itu, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar dilakukan evaluasi terhadap keluhan Anda, mungkin juga dibutuhkan pemeriksaan tambahan seperti rekam jantung atau EKG.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar