Sukses

Telat Haid

29 Jul 2020, 12:26 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat malam dok saya ingin tau saya sudah telat haid sekitar 2minggu sebelum saya telat haid saya sempat sakit bbrapa hari dan saya sempet melakukan tes kehamilan sekitaran telat 5hari akan tetapi negativ dok tapi perut bagian bawah saya kadang suka nyeri dan kadang saya juga suka lemes dan nafsu makan saya skrg makin meningkat itu kenapa ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Telat haid memang sering dirasakan oleh beberapa wanita. Perlu diketahui, bahwa siklus haid normal itu sekitar 21-35 hari dengan durasi selama 3-7 hari dan jumlah darah yang keluar 25-80ml/hari. Penyebab gangguan haid tersering adalah karena adanya gangguan hormonal yang disebabkan oleh beberapa keadaan, seperti:

- Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

- Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

- Kegemukan atau indeks massa tubuh (IMT) > 30 dan Malnutrisi (kurang gizi)

- Stres, kecapekan

- Atlet

- Kekurangan vitamin K

- Penggunaan obat-obatan tertentu

- Kelainan pembekuan darah

- Gangguan hormon tiroid

- Penggunaan alat kontrasepsi

Gejala haid dan awal kehamilan memang bisa mirip, yaitu nyeri payudara, kram perut,dll. Oleh karena itu, apabila dalam 3 hari kedepan masih belum juga haid, coba lakukan testpack ulang terlebih dahulu. Untuk memastikan hamil atau tidak, Anda bisa memeriksakannya langsung ke dokter kandungan untuk dievaluasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar