Sukses

Nyeri Lutut

29 Jul 2020, 12:09 WIB
Wanita, 38 tahun.

Assalamualaikum dok, saya mau nanya. Lutut sya sering sakit, kalau abis jalan atau mau di tekuk. Itu kenapa ya dok? Penyakit apa ya? Dan itu obatnya apa ya dok yg tidak ber efek samping gemuk, soalnya bb sya udah gemuk 85kg.. Terimakasih dok.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan.

Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll) atau cedera.

Berdasarkan tinggi dan berat badan Anda, berdasarkan perhitungan IMT (indeks massa tubuh) didapatkan berat badan yang berlebih atau obesitas. Ini juga bisa menjadi penyebab keluhan nyeri lutut Anda. Obesitas sebaiknya ditangani karena dapat meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dll.

Untuk mengatasi nyerinya, Anda dapat mengonsumsi obat nyeri yang dijual bebas di apotek. Selain itu, Anda harus menurunkan berat badan agar keluhan nyeri lutut ini berkurang.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar