Sukses

Pemilihan Susu untuk Anak

27 Jul 2020, 12:14 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok susu yang bagus untuk pertumbuhan dan penambah berat badan anak usia 2,5 tahun susu apa ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Ibu rasakan.

Untuk memilih susu formula, yang Anda harus perhatikan adalah mencari susu formula yang memiliki kandungan gizi mirip dengan ASI. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mencermati label kandungan nutrisi yang terdapat pada kemasan susu formula.

Ada banyak macam susu formula, seperti susu formula sapi, susu soya, dan bebas laktosa. Tapi yang banyak dijual dan beredar adalah susu formula sapi. Susu ini merupakan susu yang bahan utamanya adalah protein susu sapi yang gampang dicerna oleh bayi. Selain protein, susu formula sapi juga mengandung karbohidrat dan lemak susu sapi untuk mencukupi kebutuhan gizi buah hati.

Untuk menambah berat badan anak, pastikan kebutuhan gizinya tercukupi melalui makanan utama. Di usia 2,5 tahun anak sudah bisa diberi makan seperti orang dewasa. Jadi sumber nutrisi utamanya berasal dari makanan pokok, bukan dari susu. Perhatikan juga jumlah dan waktu minum susunya, jangan sampai porsi susunya terlalu banyak atau waktu pemberiannya dekat dengan jam makan sehingga anak kekenyangan dan tidak mau makan.

Selalu perhatikan juga kurva pertumbuhan anak dengan mengukur berat dan tinggi badan. Apabila setiap bulan mengalami penaikan dan berada dalam garis hijau, maka pertumbuhan anak Anda dalam batas normal. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga anak Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar