Sukses

Mengalami Diare Setelah Makan

27 Jul 2020, 12:05 WIB
Pria, 1 tahun.

Dok knp ya saya kemarin makan brokoli 7 biji jadi bab 4 kali setiap 1 jam?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Penyebab diare paling sering disebabkan oleh bakteri atau virus dari makanan yang terkontaminasi. Jadi, pastikan makanan yang Anda konsumsi terjamin kebersihannya agar tidak terjadinya diare berulang. Pada orang yang tidak dapat mengonsumsi susu (intoleransi laktosa), diare juga bisa terjadi.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi larutan oralit yang dijual secara bebas oleh apotek. Pastikan juga Anda mencukupi kebutuhan cairan harian dengan minum minimal 8 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi. Konsumsi juga makanan yang aman bagi perut, seperti pisang, yoghurt, apel, dan kentang. 

Jika diare tidak membaik dan timbul tanda dehidrasi, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar