Sukses

Telinga Gatal dan Tersumbat

27 Jul 2020, 09:27 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat sore, dok. Saya mau tanya, kira-kira sejak sekitar 3 atau 4 hari lalu bagian dalam telinga kiri saya terasa gatal, ditambah lagi belakangan ini sering terasa seperti ada angin masuk yg mengganggu kualitas pendengaran telinga kiri saya seperti jika sedang naik pesawat atau berada di daerah tinggi (tapi masih bisa mendengar, hanya saja seperti tersumbat angin). Kira-kira ada apa ya dengan telinga saya & saya harus apa, dok? Saya bukan perenang jadi selama ini tidak ada sejarah telinga kemasukan air, dalam 2 minggu terakhir juga tidak ada penggunaan headset ataupun mendengarkan suara-suara dengan volume berlebih. Terima kasih banyak, ditunggu responnya.

Terima kasih telah bertanya seputar telinga gatal dan tersumbat melalui Tanya Dokter.

Telinga yang gatal dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi (ekzema, dermatitis seborhoic, atau psoriasis), infeksi jamur ataupun bakteri, adanya gigitan binatang atau ada gigitan kutu, karena adanya serumen (kotoran telinga), ataupun kurangnya cairan telingga sehingga kering.  

Penyebab paling sering keluhan telinga gatal adalah kotoran yang menyumbat atau serpihan kotoran dalam telinga. Terkadang letaknya lebih dalam dan tidak terjangkau oleh pembersih telinga biasa. Perasaan telinga tersumbat saja dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen prop dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung pada telinga Anda. Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat. Flu juga dapat menyebabkan perasaan tersumbat pada telinga. Apakah Anda melakukan atau mengalami hal-hal tersebut?

Yang dapat Anda lakukan adalah menjaga agar telinga selalu kering (bersihkan pelan-pelan telinga setelah mandi atau berenang), hindari menggaruk dengan jari, dan lindungilah kulit dari iritasi. Kami juga tidak menyarankan Anda melakukan pembersihan telinga sendiri karena risiko terluka lebih besar. Mintalah orang lain untuk membantu Anda membersihkan telinga. Jika letak kotoran dalam dan sulit maka sebaiknya dokter atau tenaga medis terlatih yang melakukannya. Saat ini kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan telinga dan mengatasi penyebab keluhan.

Berikut ebebrapa artikel yang dapat Anda simak:

4 Gangguan Telinga yang Paling Sering Terjadi

9 Kondisi pada Telinga Ini Tunjukkan Kesehatan Anda

Waspadai 5 Penyebab Nyeri Telinga

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait telinga gatal dan tersumbat, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar