Sukses

Cara Mengatasi Ngilu akibat Kikir Gigi

27 Jul 2020, 00:03 WIB
Wanita, 17 tahun.

Hallo dok belum lama saya habis kikir dan tambal gigi atas yang depan.setelah kikir gigi saya jadi sensitif banget jadi ga buat gigit makanan.bahkan gigi sebelah kanan saya kadang suka ikutan sakit.kira-kira ngilu nya cuma sementara apa bakal terus menerus sensitif ya dok..dan bagaimana cara mengatasi nya.. terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang cara mengatasi ngilu akibat kikir gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan, untuk apakah tujuan anda mengikir gigi? Apakah untuk memperbaiki bentuknya supaya lebih baik? Jika itu yang dilakukan dan gigi sekarang terasa ngilu maka ada kemungkinan bahwa pengikiran gigi itu terlalu banyak sehingga sudah sampai lapisan dentin. Lapisan dentin itu terletak dibawah lapisan email. Email adalah bagian lapisan terluar pada gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi. Lapisan dentin merupakan bagian yang sensitif terhadap perubahan suhu dingin atau panas. Pengasahan gigi yang terlalu banyak akan membuat terbukanya lapisan dentin yang dapat menyebabkan gigi menjadi ngilu. Terutama saat makan atau minum panas atau dingin. Untuk mengurangi rasa ngilu, bagian dentin yang terbuka harus ditutup lagi dengan bahan tambalan.

Tapi jika gigi tersebut ngilu karena habis ditambal menggunakan sinar, dan semakin hari semakin ngilu maka bisa jadi bahan tambalan sinar tersebut mengiritasi pulpa/ saraf gigi, jadi lebih baik tambalan gigi dibuka kemudian diganti dengan bahan tambal gigi Glass ionomer, supaya tidak mengiritasi pulpa. 

Namun jika sudah diganti dengan bahan tambal Glass ionomer tapi gigi masih ngilu dan semakin hari semakin ngilu, maka dugaan kami lubang gigi sudah masuk ke bagian saraf, sehingga perlu dilakukan perawatan saluran akar.

Untuk mengurangi rasa ngilu sementara ini, bisa menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin, minum obat antinyeri yang mengandung paracetamol atau asam mefenamat, mengganti pasta gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Hal yang Harus Anda Tahu tentang Abrasi Gigi

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Ini Kriteria Gigi yang Boleh dan Tidak Boleh Veneer

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi ngilu akibat kikir gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar