Sukses

Demam Pada Anak

25 Jul 2020, 21:12 WIB
Pria, 34 tahun.

Mf dok anak saya umur 7bulan. Skrg lg demam. Panasnya tinggi di kepala. Udah jalan 3hari ..saya udh minumkan obat sanmol untuk bayi. Tp panasnya tidak kunjung reda. Apa yg harus saya beri biar anak sy sehat kembali

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Demam pada anak disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kekurangan cairan (dehidrasi), kurang istirahat atau metabolisme tubuh menjadi meningkat, dan infeksi. Pada anak karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, seringkali terkena infeksi dan mengalami demam. Infeksi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti virus bakteri, dan lainnya.

Untuk mengatasinya, pastikan anak minum yg banyak. Lalu, kompres dahi, leher, dada, ketiak anak dengan air hangat untuk menurunkan demam dan pakaikan anak baju yang tipis. Berikan obat penurun demam (parasetamol) 6x/hari sesuai dosis untuk membantu menurunkan demam (suhu > 37,5 derajat C). 

Jika dalam 3 hari penggunaan paracetamol anak masih juga demam, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter Anak untuk dilakukan evaluasi dan mungkin juga dibutuhkan pemeriksaan darah.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga anak Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar