Sukses

Seputar Efek Samping KB

25 Jul 2020, 19:57 WIB
Wanita, 23 tahun.

Ini saya menyusui sudah 7 bulan. Dan baru bulan kemaren ikut kb suntik yang 1 bulan ternyata bulan ini saya haid dan sampai sekarang tetap masih keluar padahal sudah lebih 15 hari. Apa ini darah istihadhah. Bagaimana cara mengatasinya dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Alat kontrasepsi seperti KB suntik adalah alat yang paling banyak digunakan. KB suntik ada dua macam, yaitu untuk 1 bulan dan 3 bulan. KB tersebut mengandung hormon yang akan mencegah kehamilan dengan cara menghambat pelepasan sel telur oleh indung telur dan mengentalkan lendir di mulut rahim sehingga menyulitkan pergerakan sperma pria dalam membuahi sel telur wanita. 

Adapun efek samping dari penggunaan KB yang tersering adalah adanya gangguan haid, sakit kepala, timbul jerawat, kenaikan berat badan, rambut rontok, dan perubahan suasana hati. Efek samping ini bisa berbeda-beda tiap wanita, ada yang haidnya menjadi tidak teratur, adapula yang haidnya memanjang. 

Berdasarkan pernyataan Anda, haid yang memanjang itu bisa jadi efek samping penggunaan KB suntik 1 bulan Anda. Efek samping ini akan menghilang sendiri ketika tubuh Anda sudah beradaptasi dengan perubahan hormon yang terjadi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar