Sukses

Luka Basah Sulit Sembuh, Bagaimana Cara Mengobatinya?

22 Jul 2020, 21:08 WIB
Wanita, 18 tahun.

halo dok, saya mau tanya, adik saya yg berusia 8 thn, adik saya ini kalau ada bagian tubuhnya yg gatal selalu digaruk dan jadi luka nah luka nya itu selalu berbekas dok gailang mulus, nah 4 hari yg lalu pas dia main dia jatuh trs ada luka di kakinya dan udh 4 hari juga diobatin tp tetep ga kering lukanya malah tambah dalem dan basah gitu dok padahal dikeluarga kami gaada yg keturunan/punya penyakit gula, kira" itu kenapa ya dok? dan bagaimana cara mengobatinya?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Penyembuhan luka dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Waktu penyembuhan luka bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. luka basah pada adik anda mungkin karena kebersihannya tidak dijaga sehingga masih basah. selain itu, pada anak-anak manifestasi penyakit gula umumnya belum timbul sehingga mungkin tidak ada hubungannya.

Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Mengingat pentingnya wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung dalam menentukan penatalaksanaan, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter guna menentukan penyebab dan penanganan yang sesuai bagi Anda

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar