Sukses

Nyeri dada berpindah-pindah

23 Jul 2020, 08:40 WIB
Wanita, 34 tahun.

Pagi dok, sudah 4 bulan ini saya merasakan di area dada saya terasa nyeri dan berpindah-pindah. Durasi nyerinya hanya sebentar lalu menghilang. Nafas saya tidak sesak dan detak jantung normal. Saya sering mengalami kecemasan. Saya juga mempunyai alergi udara sehingga hidung saya sering mampet. Apakah hal tersebut mempunyai hubungan dengan nyeri di dada saya? Terima Kasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Seperti apa sakit dada tersebut, apakah seperti tertekan benda berat, seperti terbakar? Apakah ada penjalaran ke lengan kiri, dagu, atau menembus ke punggung? Apakah ada keringat dingin saat sakit dada muncul? Adakah riwayat dada terbentur sebelumnya? Adakah riwayat asma?

Informasi tersebut diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Ada banyak penyebab sakit dada. Sakit dada tidak selalu disebabkan oleh jantung. Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Apakah karakter nyeri Anda seperti ini?

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan obat jantung yang diletakkan dibawah lidah (nitrogliserin sublingual). Bagaimana dengan Anda?

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada karena masalah psikologis
  • Nyeri dada karena trauma atau benturan, seperti terjadi hematothorax, pneumothorax, atau patahnya tulang dada

Kepastian nyeri dada karena jantung dapat dilakukan melalui EKG dan pemeriksaan enzim jantung saat Anda mengalami nyeri dada tersebut. Jika keluhan berlanjut atau semakin berat, kami sarankan Anda untuk langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

7 Gejala Fisik Akibat Gangguan Kecemasan 

11 Tips Atasi Kecemasan dengan Cara Alami

Waspada Penyakit di Balik Nyeri Dada

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar