Sukses

Nyeri Perut Saat Hamil Apakah Menyebabkan Janin Kurang Aktif?

22 Jul 2020, 21:08 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok mau tanya, saya lagi hamil 36minggu, kemarin ngerasa perut sakit banget dan keras terus saya bawa jalanjalan aja, sakitnya hilang tapi sampai sekarang (1,5hari) baby dalam perut ga seaktif biasanya gerakannya, biasanya aktif banget, tiap dielus, dibawa tiduran, atau makan pasti langsung gerak2, terus sering cegukan juga, tapi sekarang engga.. saya jadi khawatir dok kenapa dan harus gimana ya?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Pada kehamilan, kandungan ( uterus) mulai membesar karena perkembangan janin di dalamnya. Uterus yang terletak di dalam rongga perut akan menekan organ sekitarnya seperti usus, lambung, kandung kemih dsb, hal inilah yang mungkin membuat ibu merasa kurang nyaman seperti nyeri pada perut dan pinggang, rasa pegal-pegal, ingin sering berkemih, dsb, terlebih jika janin bergerak dan menendang sehingga menyenggol syaraf-syaraf nyeri disekitar perut.

Keadaan tersebut adalah normal selama saat kontrol ibu dan buah hati, kesejahteraan keduanya dalam baik-baik saja. Namun jika Anda merasakan kejanggalan dan membuat Anda dan keluarga was-was, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar