Sukses

Kb darurat

23 Jul 2020, 08:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dok, saya ingin bertanya saya 2 hari lalu melakukan hubungan intim dan ejakulasi di dalam tidak sengaja. Saya langsung bergegas meminum postinor-2 sebanyak 2 tablet sekaligus. Kemudian selang 4 jam saya berhubungan intim lagi, tapi saya ragu ada ketakutan keluar di dalam lg, krn takut dan ada kerasa sedikit. Haruskah saha minum postinor lg dgn menambahkan tablet? Atau tidak usah ya dok krn saya sudah meminjm postinor sblmnya di hari yg sama? Terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Jika yang anda maksud tujuan anda mengkonsumsi pil KB adalah sebagai kontrasepsi darurat, maka hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam sesudah berhubungan seksual tanpa perlindungan. Jika menggunakan pil kombinasi dan minipil, harus diulangi untuk dosis kedua 12 jam kemudian. Jika menggunakan pil estrogen juga dimulai dalam waktu 3 hari pascasenggama dan diteruskan selama 5 hari. Sedangkan jika menggunakan mifepriston, hanya diperlukan 1 kali dosis dalam 3 hari pascasenggama.

Kontrasepsi darurat tidak dianjurkan sebagai metode KB secara rutin atau terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan jika mengalami tanda-tanda kehamilan seperti terlambat haid, mual-mual, dan tanda lainnya.

Seberapa Sering Boleh Menggunakan Kontrasepsi Darurat?

Mitos dan Fakta Alat Kontrasepsi 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar