Sukses

Gatal seluruh badan dan bentol-bentol

23 Jul 2020, 08:39 WIB
Pria, 17 tahun.

Selamat siang dok...saya mau bertanya saya sudah 2 hari ini merasa gatal" diseluruh badan dan timbul bentol" kecil dan itu sangat gatal sekali,sebelum itu saya makan udang....apakah itu yang dinamakan alergi?dan apa solusinya biar tidak gatal" lagi? Terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Jika benar yang anda alami berupa bentol kemerahan yang gatal, maka dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan istilah Urtikaria. Urtikaria memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. 

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

  1. Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)
  2. Makanan
  3. Gigitan/sengatan serangga
  4. Trauma fisik
  5. Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)
  6. Infeksi (bakteri, virus, cacing)
  7. Gangguan emosional/stres
  8. Faktor keturunan
  9. Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.

Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Adakah periode keluhan Anda hilang? Jika pencetus dihindari bagaimana hasilnya? Adakah keluhan lain seperti sakit gigi atau diare?

Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Anda mungkin perlu memeriksakan kesehatan gigi Anda karena infeksi gigi yang tersembunyi juga dapat menyebabkan urtikaria.

Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya. Anda dapat mengkonsumsi obat anti alergi seperti CTM, loratadin, atau cetirizin. Anda tidak perlu khawatir, obat ini aman dikonsumsi saat menstruasi. Hindari kebiasaan menggaruk karena akan membuat kulit semakin gatal dan menyebabkan iritasi.

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Alergi Makanan

Kenali Beda Alergi Makanan dan Intoleransi Makanan

Ternyata, Alergi Bisa Dipicu oleh Olahraga

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.  

0 Komentar

Belum ada komentar