Sukses

Cara Menghilangkan Sakit di Gigi yang Tersisa Sedikit

21 Jul 2020, 21:20 WIB
Wanita, 40 tahun.

Cara menghilangkan sakit gigi,yang tersisa sedikit tumbuh gusi

Terimakasih telah bertanya tentang cara menghilangkan sakit di gigi yang tersisa sedikit melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda kami akan menjelaskan berbagai penyebab sakit gigi.

Gejala sakit gigi dapat timbul dari kelainan lainnya dan bukan hanya disebabkan oleh gigi berlubang saja. Sakit gigi juga bisa dipicu oleh hal-hal berikut:

- Abses pada gigi

Hal ini biasanya terjadi karena lubang pada gigi tidak dirawat, sehingga menimbulkan infeksi pada bagian akar gigi di gusi. Selain itu, abses bisa disebabkan karena radang gusi dan benturan atau trauma pada gigi.

- Gigi yang mengalami gangguan pertumbuhan

Gigi geraham bungsu sering mengalami gangguan pertumbuhan, dengan kondisi gigi yang tidak bisa tumbuh sempurna dan disertai peradangan.

- Kerusakan tambalan pada gigi

Tambalan lama yang mengalami kerusakan atau patah akan menyebabkan jaringan gigi di bawahnya terekspos dan tidak terlindungi.

- Gigi yang patah

Benturan pada area mulut bisa menyebabkan gigi patah. Secara anatomi, patahnya gigi bisa meliputi mahkota gigi maupun sampai pada bagian akar gigi di dalam gusi.

- Penyakit gusi

Plak adalah penyebab utama dari peradangan pada gusi. Apabila tidak dirawat, maka akan berlanjut menjadi peradangan jaringan pendukung gigi yang menyelubungi gigi.

- Sisa akar gigi

Gigi berlubang yang tidak dirawat, lama kelamaan akan menjadi rapuh sampai tinggal akar gigi yang tersisa. Sisa akar gigi biasanya jarang terkena pembersihan dengan sikat gigi, makanya sering terjadi radang disekitarnya dan menyebabkan sakit gigi.  

Ketika Anda mengalami sakit gigi dan belum sempat untuk memeriksakan diri ke dokter gigi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi rasa sakitnya seperti:

1. Hindari mengonsumsi sesuatu yang mempunyai temperatur ekstrim, misalnya makanan dan minuman yang panas dan dingin.

2. Berkumur dengan air garam hangat dan Minum obat pereda nyeri yang bisa dibeli bebas di apotik.

3. Lakukan kompres dingin pada bagian gigi yang sakit, terutama jika disebabkan karena benturan.

Gigi berlubang merupakan penyebab paling sering timbulnya sakit gigi. Untuk mencegahnya, biasakanlah untuk menjaga kebersihan gigi secara rutin. Sikat gigi minimal dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk melakukan pembersihan karang gigi ke dokter gigi dua kali dalam setahun.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Gigi

Gigi Rapuh, Tanda Penyakit Kronis?

Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Mudah dan Ampuh

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara menghilangkan sakit di gigi yang tersisa sedikit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar