Sukses

Mengatasi Depresi

20 Jul 2020, 13:14 WIB
Wanita, 17 tahun.

Saya berulang kali selama beberapa tahun ke belakangan mengalami fase seperti depresi kemudian hilang kembali normal. Namun ada masanya ketika rasa depresi yang kosong itu kembali hadir sehingga saya sudah pernah mencoba bunuh diri beberapa kali namun gagal dan sering kali self-harm. Kondisi mood saya pun terasa benar-benar tidak stabil dan sering berubah drastis dalam waktu singkat. Saya ingin konsultasi ke dokter tapi orang tua saya tidak mengizinkan dan saya hanya dicap kurang iman, ibadah, dll. Saya juga memiliki toxic family, sehingga saya tidak dekat dengan siapapun di keluarga saya.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Mengatasi Depresi.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Depresi ditandai dengan kondisi murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan makan, dan bahkan muncul keinginan untuk menyakiti diri hingga bunuh diri. Itu artinya depresi sudah mulai menyerang.

Jika Anda ingin terhindar dari hal mengerikan tersebut, ini yang perlu dilakukan:

  • Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda.
  • Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.
  • Mencari akar masalah yang Anda hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.
  • Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi. Coba bicara dari hati ke hati dengan keluarga Anda. Utarakan perasaan yang Anda alami, hindari memendam perasaan terlalu lama
  • Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan.

Jika cara di atas belum mampu mengatasi stres atau depresi yang Anda alami, jangan ragu untuk segera berkunjung ke psikiater atau psikolog.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Mengatasi Depresi, Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar