Sukses

Mata Berat dan Belekan

20 Jul 2020, 08:58 WIB
Wanita, 23 tahun.

Mau tanya dok, mata saya terasa berat dan lelah. Kalau mata lelah ini sudah sering dok. Tapi sejak kemarin mata saya mulai merah, berair dan seperti ada sesuatu yg mengganjal di mata. Setiap beberapa menit belek pasti keluar. Kalau malam saya tidur nanti besok paginya mata saya tertutup dan sulit terbuka karena belek yg kering menutupi mata.

Terima kasih btelah bertanya seputar mata terasa berat dan mengeluarkan kotoran atau belek melalui Tanya Dokter.

Munculnya kotoran mata umumnya di sertai dengan kondisi mata merah. Kondisi ini  merupakan kondisi umum yang dapat mengenai salah satu atau kedua mata. Kemerahan yang muncul pada mata bisa berasal dari pelebaran pembuluh darah di permukaan bola mata akibat alergi, iritasi atau infeksi. Bisa juga pembuluh darah pecah akibat cedera/trauma.

Dari deskripsi Anda, mata Anda terasa lengket akibat mengeluarkan belek atau kotoran  yang kekuningan. Karena itu, kemungkinan akibat alergi atau infeksi (baik virus maupun bakteri).

Penanganan yang bisa dilakukan di rumah adalah seperti berikut:

Kompres dingin atau hangat (boleh pilih yang lebih membuat Anda nyaman). Gunakan kompres yang berbeda pada setiap mata (jika terjadi pada kedua mata) dan gunakan kompres baru yang bersih setiap mengulanginya. Saat membersihkan mata, lap dari arah dalam (yang dekat hidung) ke luar secara searah. Hindari membersihkan secara dua arah.

Di samping itu, perhatikan kebersihan mata dengan cara berikut ini:

  • Jangan menyentuh apalagi menggosok mata dengan kedua tangan anda
  • Cuci tangan hingga bersih sebelum menyentuh area mata
  • Cuci handuk setiap hari, dan jangan memakainya bersama orang lain
  • Hindari penggunaan kosmetik mata, terutama maskara
  • Bila Anda pemakai lensa kontak, hindari penggunaannya untuk sementara waktu

Obat-obatan yang diberikan (tetes mata) untuk mata merah bergantung pada penyebabnya. Bila karena alergi saja tanpa infeksi, dapat diberikan tetes mata yang berisi kortikosteroid untuk mengurangi peradangannya. Bila mata cenderung kering, bisa ditambahkan dengan tetes air mata buatan. Bila penyebabnya virus, gejala akan menghilang dalam 3-5 hari sehingga obat-obatan tidak diperlukan. Bila penyebabnya bakteri, diberikan tetes mata antibiotik.

Untuk mengetahui apa yang harus diberikan, sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter mata. Sebab kelainan mata perlu diperiksa secara langsung untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Berikut beberapa artikel lain yang dapat Anda simak:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mata merah. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar