Sukses

Penyebab Sisa Akar Gigi Masih Bisa Sakit

20 Jul 2020, 00:30 WIB
Wanita, 22 tahun.

Knpa ya dok tinggal akar giginya kok masih sakit

Terimakasih telah bertanya tentang penyebab sisa akar gigi masih bisa sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Sisa gigi walaupun tinggal akarnya saja memang masih bisa menimbulkan rasa sakit. Sisa akar gigi dilihat dari posisinya dalam rongga mulut biasanya sulit untuk disikat, sehingga bisa  terjadi peradangan di sekitarnya dan dapat mengganggu kesehatan. Selain dapat menyebabkan infeksi sisa akar gigi juga merupakan "gerbang" masuknya kuman. 

Sisa akar juga bisa dianggap sebagai kotoran yang tersimpan di dalam mulut. Selain menimbulkan bau mulut, sisa akar akan mengiritasi jaringan gusi dan mempermudah terjadi peradangan. 

Membiarkan sisa akar gigi dalam mulut dapat kita analogikan seperti menyimpan sampah karena sisa akar gigi adalah sisa gigi yang telah mati atau nonvital dimana persyarafannya sudah mati juga, maka tentu saja harus dikeluarkan. Mengenai prosedur pencabutannya tergantung dari keadaan sisa akar gigi tersebut, biasanya dilakukan dengan tindakan pencabutan biasa.

Setelah sisa akar dicabut sebaiknya dibuatkan gigi tiruan agar gigi yang hilang dapat digantikan fungsinya oleh gigi tiruan tersebut. 

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Gigi Rapuh, Tanda Penyakit Kronis?

- Jangan Sepelekan, Sakit Gigi Bisa Picu Penyakit Jantung

Napas Bau Meski Rajin Sikat Gigi? Ini Sebabnya

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penyebab sisa akar gigi masih bisa sakit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar