Sukses

Bayi Tidak Buang Air Kecil Saat Tidur Malam

16 Jul 2020, 19:24 WIB
Pria, 29 tahun.

Mau tanya, dok kalau bayi 2 bulan tidak pipis sama sekali saat tidur malam, apakah wajar..? Namun saat bangun siang hari lumayan sering pipisnya.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Banyaknya urin yang dikeluarkan merupakan salah satu tolak ukur apakah anak mengalami dehidrasi atau tidak. Rata-rata kebutuhan cairan bayi usia 1-6 bulan adalah 750ml per hari. 

Umumnya, bayi buang air kecil sebanyak 4-6 kali per hari dengan warna jernih kekuningan. Sedangkan produksi urin yang normal pada bayi adalah sekitar 1300-1400ml per hari. Tapi untuk dapat mengetahuinya, Anda harus menampung urin dan menghitungnya. 

Jika kebutuhan cairan sudah mencukupi dan produksi urin yang keluar juga normal, maka tidak bermasalah apabila bayi Anda tidak BAK saat tidur di malam hari. Pastikan anak Anda tidak mengalami dehidrasi dengan menghitung jumlah ASI yang dikonsumsi dan juga urinnya.

Untuk mengetahui dengan jelas, Anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter anak, sekaligus mengevaluasi pemberian ASI terhadap bayi Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga bayi Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar