Sukses

Ptosis Pada Mata

16 Jul 2020, 18:40 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamualaikum, dokter. Izin bertanya. Jika salah satu mata mengalami ptosis kongenital, apakah memungkinkan mata sebelahnya juga akan ptosis ya dok? Saya berusia 21 tahun, punya ptosis di mata kiri saya dari lahir dok. Saya ingat sekali waktu saya usia 10 tahun saya dianjurkan oleh dokter mata untuk operasi kelopak mata. Karena dulu saya masih takut, akhirnya belum operasi dok sampai sekarang. Lalu akhir-akhir ini saya merasa mata kanan saya kedutan dan ternyata kelopaknya juga turun namun tidak separah yg kiri. Kira-kira bagaimana ya dok? Apakah mata kanan saya ikut turun ini akhibat dari ptosis kongenital mata kiri saya? Tambahan informasi, saya juga punya minus tinggi (D -5), silinder tapi lupa berapa dan saya belum ganti kacamata dok, walau merasa sudah tidak nyaman dengan kacamat yg saya gunakan sekarang. Apakah minus saya juga menjadi faktor tersebut ya dok? Terimakasih. Mohon bantuannya dokter.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Apakah yang Anda maksud adalah kelopak mata yang turun sebelah? 

Ptosis adalah kondisi dimana kelopak mata bagian atas jadi turun. Gejala ptosis yaitu, kelopak mata turun seperti mengantuk, ada gangguan penglihatan, lipatan kelopak mata atas yang tidak simetris, dan juga bisa disertai dengan kelainan pergerakan bola mata.

Penyebab ptosis cukup beragam, yaitu kongenital (bawaan dari lahir), gangguan saraf, kerusakan otot pada kelopak mata, penuaan, efek samping operasi, ataupun tumor. Mata minus bukanlah faktor penyebab dari ptosis Anda.

Penanganannya harus disesuaikan dengan penyebab terjadi ptosis itu sendiri.Untuk mengetahui penyebab pastinya, saya sarankan untuk memeriksakan mata Anda ke dokter mata agar dapat dievaluasi lebih lanjut. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat pulih.

 

0 Komentar

Belum ada komentar