Sukses

Nyeri Ulu Hati

16 Jul 2020, 16:06 WIB
Pria, 30 tahun.

agak nyeri dan kadang2 bengkak di ulu hati, nafas pendek, tidak nyaman di dada dan di perut sudah 1 minggu. gejalah apakah itu dok? terim kasih

Halo Bapak,

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Sayang sekali kami belum bisa menentukan penyebab keluhan anda dengan informasi yang terbatas. Diperlukan info lengkap; yang didapatkan dari wawancara langsung, pemeriksaan fisik dan penunjang yang penting; sehingga dapat menentukan penyebab pasti keluhan anda. 

Nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung (maag), penyakit refluks asam lambung ( Gastroesofageal Reflux Disease/ GERD), maupun gejala dari serangan jantung. Pada penyakit GERD selain merasakan nyeri di ulu hati, pasien dapat merasakan dada yang panas seperti terbakar hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus) akibat rusaknya klep antar lambung dan esofagus, selain itu pasien dapat pula merasa asam di lidah.

Pada serangan jantung memang biasanya gejala yang timbul adalah nyeri dada sebelah kiri seperti ditekan benda berat, tetapi ada juga sebagian pasien yang mengeluhkan nyeri ulu hati lalu nyeri dapat menjalar hingga ke dada bagian belakang atau menjalar ke rahang atau lengan sebelah kiri. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar