Sukses

Penggunaan Obat pada Keguguran

16 Jul 2020, 06:13 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok saya mau tanya tgl 15 juni kemarin saya ngeflek, trus tgl 27 saya priksa dibidan katanya hamil 7minggu..tp saya disuruh usg krn keadaan masih ngeflek..tgl 30 pagi dan siang keluar gumpalan..sore saya usg (krn dapet antrian sore).kata dokter rahim saya hampir bersih..trus saya diresepin norelut..baru minum 2 kali perut saya rasanya sakit luar biasa habis itu keluar darah seperti haid banyak tapi cuma sehari..selanjutnya perut saya masih sakit tp udah gak keluar darah..benarkah rahim saya belum bersih dok?norelut fungsinya utk apa? Apakah menghentikan pendarahan? Saya takut masih ada jaringan yg tersisa di rahim saya. Bolehkah saya menghentikan minum norelut? Krn perut masih sakit dan darah gak keluar lagi.adakah cara alami membersihkan rahim? Terimakasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah dinyatakan dokter bahwa Anda mengalami keguguran?  Sayangnya Anda tidak memperjelas mengenai hal ini pada pertanyaan Anda.

Norelut merupakan suatu obat yang berisikan dengan senyawa hormone progesterone, yaitu norethisterone. Hormone progesterone ini sering digunakan dalam kasus-kasus kandungan dan kebidanan.

Beberapa kegunaan dari Norelut yaitu pada gangguan keseimbangan hormone yang menyebabkan : 

·         Amenorea (tidak mendapat menstruasi), baik primer ( tidak pernah menstruasi sebelumnya) atau sekunder (pernah menstruasi sebelumnya);

·         Perdarahan rahim disfungsional;

·         Endometriosis;

·         Sindrom premenstrual.

Semua obat yang beredar pasti memiliki kontraindikasi atau larangan pemakaian pada orang dengan kondisi tertentu. Sebelumnya menggunakan suatu obat, pelajari terlebih dahulu mengenai kontraindikasi agar Anda tidak salah mengkonsumsi obat. Berikut adalah larangan-larangan dan kontraindikasi dari Norelut, yaitu:

·         Riwayat gangguan pembuluh darah;

·         Adanya kerusakan hati;

·         Kanker yang dipicu oleh hormone seksual, terutama progesterone, seperti kanker payudara;

·         Wanita yang sedang hamil dan menyusui;

·         Pasien dengan diabetes mellitus (DM) dengan gangguan pada pembuluh darah.

Norelut, seperti obat-obatan lainnya, mempunyai efek samping. Namun demikian tidak setiap orang yang mengkonsumsi Norelut mengalami efek samping, tergantung tiap individu. Bila Anda mengalami efek samping tersebut dan merasa tidak nyaman segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Efek samping dari Norelut, antara lain keluarnya bercak darah dari kemaluan (vagina) yang berasal dari rahim, menurunnya jumlah haid hingga tidak haid sama sekali, gangguan pencernaan seperti mual, dan bengkak pada tubuh.

Obat-obatan memiliki beberapa kategori. Norelut bukan obat yang dapat dibeli secara bebas di toko obat atau apotek.  Penggunaan Norelut harus melalui konsultasi dan resep dokter.

Adapun mengenai nyeri perut kemungkinan berkaitan dengan kontraksi rahim untuk mengeluarkan sisa jaringan yang keguguran (berupa darah haid yang banyak, seperti yang Anda sebutkan). Adapun untuk membersihkan rahim pasca keguguran bisa melalui kuret ataupun obat-obatan. Kami sarankan Anda kontrol kembali pada dokter untuk menentukan apakah rahim sudah bersih kembali dan apakah obat boleh dihentikan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar