Sukses

Bintik kasar di wajah

15 Jul 2020, 21:07 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok,diwajah saya saat di raba terasa ada bintik" kecil,tapi kalau saya ngaca nggak kelihatan,kira" itu apa ya dok,bahaya apa tidak?

Terima kasih telah bertanya seputar bintik kasar di wajah melalui fitur Tanya Dokter.

Biasanya sebagian besar bintik kasar yang menonjol di wajah, disebabkan oleh 3 hal seperti di bawah ini:

1. Jerawat

Ketika ada bintil yang cukup besar, berisi nanah, merah, dan letaknya bisa di bagian wajah mana saja, Anda bisa menyebutnya sebagai jerawat. Menurut dr. Citra Rosenokepada KlikDokter, jerawat biasanya muncul akibat ketidakseimbangan hormon, yang memicu produksi kelenjar minyak secara berlebihan. Konidisi ketidakseimbangan hormon ini bisa diakibatkan oleh stres, menstruasi pada wanita, pengunaan hormon suntik, hingga berupa tingginya kadar hormon androgen pada pria dan wanita.

2. Beruntusan

Apabila bintil-bintil kecil yang muncul tidak berwarna merah dan umumnya menyebar di bagian dahi atau pipi, Anda bisa menyebutnya dengan beruntusan. Kondisi ini bisa jadi akibat biang keringat di dahi atau jerawat-jerawat kecil yang muncul seperti berkelompok. Menurut dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, jika beruntusan ini berkaitan dengan jerawat, maka kemungkinan besar kondisi ini dipicu oleh stres, faktor hormonal, bakteri di pori-pori kulit atau kelenjar minyak yang terlalu aktif.

3. Milia

Jika Anda menemukan bintil dengan ukuran lebih kecil dari beruntusan dan biasanya tersebar di bawah mata, dagu, atau ujung pipi, itu disebut dengan milia. Tidak seperti jerawat dan beruntusan yang terjadi akibat pori-pori tersumbat oleh minyak, bakteri, atau pengaruh hormonal, munculnya milia disebabkan oleh keratin atau serpihan kulit yang menumpuk dan terperangkap.

 

Untuk memastikan keluhan anda dan penanganan yang tepat, saran kami segera periksakan keadaan kulit wajah anda dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berikut kami sertakan artikel lain terkait keluhan anda, sebagai bahan bacaan anda yang lain.

Terima kasih, semoga bermanfa

0 Komentar

Belum ada komentar