Sukses

Tidak nyaman di tenggorokan

15 Jul 2020, 20:56 WIB
Wanita, 19 tahun.

Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kenapa saat merasa tenggorokan saya tidak nyaman di leher saya seperti ata yang menonjol dan keras, itu penyakit apa dok

Terima kasih telah bertanya seputar rasa tidak nyaman di tenggorokan melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit atau tidak nyaman di tenggorokan merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh banyak orang pada berbagai rentang usia –mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Sakit tenggorokan bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari berbagai penyakit.

Beberapa penyakit yang memiliki gejala sakit tenggorokan adalah selesma (common cold), infeksi bakteri Streptocuccus, atau tonsillitis (infeksi pada tonsil).

Selesma merupakan infeksi saluran napas yang disebabkan karena virus. Sementara itu, infeksi Streptococcus merupakan infeksi bakteri yang membutuhkan perhatian khusus karena dapat menyebabkan komplikasi ke berbagai organ. Sedangkan tonsilitis dapat disebabkan karena virus atau bakteri.

Keluhan nyeri tenggorokan dapat disebabkan karena infeksi virus atau infeksi bakteri. Penyebab terseringnya adalah virus.

Ada banyak virus yang dapat menyebabkan keluhan sakit tenggorokan. Di antaranya adalah rhinovirus, coronavirus, virus influenza, virus parainfluenza, dan adenovirus. Penyebab terseringnya adalah rhinovirus. Virus ini sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lain melalui udara dan percikan dahak. Selain itu, Infeksi virus lebih sering terjadi di musim hujan.

Sementara itu, bakteri yang sering menyebabkan nyeri tenggorokan adalah bakteri Streptococcus beta hemolyticus grup A. Infeksi bakteri ini perlu ditangani dengan serius karena bisa menyebabkan gangguan pada jantung atau ginjal.

Penyebab lain dari sakit tenggorokan adalah iritasi asap rokok, polusi udara, alergi, atau udara yang terlalu kering (kelembapan udara terlalu rendah).

Jika keluhan anda semakin mengganggu sebaiknya segera periksakan keluhan anda dengan dokter spesialis THT agar mendapat tatalaksana yang benar.

Berikut beberapa artikel lain sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar