Sukses

Tidak Buang Air Besar 2 Hari

15 Jul 2020, 16:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Hallo selamat malam dokter nama saya alfan saya dari manokwari papua saya mau minta tolong dokter ini perut saya sudah 2 hari tidak bisa buang air besar itu kenapa ya dokter

Terima kasih telah bertanya seputar tidak buang air besar 2 hari melalui fitur Tanya Dokter.

Frekuensi BAB dapat bervariasi antara satu orang dengan orang lain, tergantung pada pola makan dan aktivitas. Tingkat kelunakan BAB setiap orang juga berbeda-beda, dan itu dapat menggambarkan bagaimana pola diet orang tersebut.

Menurut berbagai penelitian, tidak ada ketentuan baku yang menyatakan bahwa BAB harus setiap hari. Para ahli kesehatan sepakat bahwa frekuensi BAB tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu masih dikatakan normal.

Jadi, dalam kasus anda ini jika tidak bisa buang air besar selama 2 hari tergolong bukan kasus berbahaya. Perbanyak asupan cairan, buah ataupun sayur yang tinggi akan serat untuk melancarkan jalannya pencernaan anda.

Kecuali keluhan tidak bisa buang air besar berlangsung hingga 5-7 hari disertai tidak bisa buang angin, perut nyeri atau keras seperti papan. Jika terdapat keluhan tersebut, segera periksakan ke dokter atau Rumah sakit terdekat.

Berikut beberapa artikel lain sebagai bahan bacaan anda.

1 Komentar

  • Nan Pie Jien

    Selamat malam Dok, Saya susah BAB sudah 4 dan perut keras dan pada saat ke Toilet mau BAB Selalu kentut saja, dan juga kencing berkali kali dan juga perut bagian kanang sakit sangat perih.? mohon solusinya