Sukses

Ada Nitrit dan Bakteri di Urinalisa, Apa Artinya?

15 Jul 2020, 15:45 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, saat saya opname di rumah sakit, saya melakukan tes urin. Karena satu dan lain hal, urin yg sudah saya siapkan baru diserahkan untuk dicek keesokan harinya (jeda 1 hari). Hasilnya adalah urin berwarna kuning agak keruh, nitrit urine positif, dan ada catatan Bakteri Coccobasil Penuh/lpb. Untuk item lainnya normal. Itu maksudnya apa ya, Dok. Sebagai informasi, saya masih belum menikah. Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih.

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Hasil laboratorium dari urinalisa : Nitrit positif dan ditemukan dengan adanya bakteri di urin menandakan adanya infeksi saluran kemih. 

Meski belum menikah, kemungkinan infeksi saluran kemih bisa berasal dari kebersihan daerah vagina yang kurang terjaga, selain itu bisa dari keputihan yang tak tertangani dengan baik.

Anda tidak perlu khawatir, karena dokter yang merawat Anda pasti akan memberikan terapi yang sesuai dengan kondisi Anda.

Setelah terapi menggunakan obat, perbaikan pola hidup dengan menjaga kebersihan daerah kewanitaan juga sangat penting. Tidak disarankan untuk menggunakan celana yang terlalu ketat atau bahan yang tidak menyerap keringat. Hindari lembab pada daerah tersebut. Setelah buang air kecil maupun besar, sebaiknya dibersihkan dengan baik agar tidak meningkatkan risiko infeksi.

Selain itu hindari menahan BAK dan perbanyak minum air putih. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar