Sukses

Luka tidak kunjung sembuh

15 Jul 2020, 15:25 WIB
Wanita, 28 tahun.

Halo dok, pas sebulan lalu saya jatuh dari motor akibatnya kaki saya luka dan membengkak (ada lubang kecil) sebelah kiri. Semenjak itu luka saya tidak sembuh-sembuh, lukanya mengeluarkan nanah air terus menerus dalam kapasitas sedikit. Saya belum pernah cek kedokter, yang pernah saya lakukan menggunakan betadin, obat oles, minum amoxilin. Apa ada obat yang bisa mengurangi bengkak dan menghentikan nanahnya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar luka yang tidak kunjung sembuh melalui fitur Tanya Dokter.

Infeksi pada luka adalah salah satu penyebab paling banyak terhambatnya penyembuhan luka. Saat luka terkontaminasi atau menjadi infeksi, sistem kekebalan tubuh akan secara otomatis menggunakan energi untuk melawan kuman, sehingga energi yang dibutuhkan untuk penyembuhan berkurang.

Gejala infeksi meliputi demam, peningkatan nyeri, perubahan warna atau ukuran luka, dan terdapat cairan kuning yang mengalir dari luka. Kondisi ini dapat diobati dengan pemberian antibiotik oral ataupun antibiotik topikal. Jika ada abses (penimbunan nanah), perlu dilakukan pembukaan luka dan pengaliran cairannya.

Dalam hal ini, sebaiknya anda segerakan untuk periksa ke dokter agar dilihat langsung dan diberikan penanganan yang tepat terhadap luka anda. Kemudian akan digali lagi wawancara medis terkait keadaan medis anda secara menyeluruh, seperti riwayat penyakit dahulu dan faktor lainnya.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar