Sukses

benjolan berawal di dekat telinga

15 Jul 2020, 14:02 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo dokter,saya ingin bertanya,saya ada benjolan kecil awalnya di telinga dekat tindik telinga,yang kedua barusan terjadi setelah saya memakan bakso dengan saus dan ada benjolan lagi di dekat pergelangan tangan bagian tulang dan ini terasa sakit,ditelinga tadi tidak ada rasa,yang ketiga ada benjolan di leher lalu terasa gatal bukan sakit,apakah saya kemungkinan besar sakit kanker getah bening?mohon jawaban dan arahan,karna ini saya menangis seharian,Terima kasih dok.

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan yang berawal dekat telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Benjolan di daun telinga dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, trauma, kista atau tumor. Kista merupakan benjolan seperti kantung berisi seperti cairan. Kista seringkali menimbulkan nyeri bila disertai infeksi. Bila disebabkan oleh trauma seringkali menunjukkan adanya gumpalan darah pada daun telinga. Infeksi lokal daun telinga dapat pula menyebabkan benjolan yang seringkali disertai nanah. Bila benjolan terdapat di daerah belakang telinga dan disertai kaku dan nyeri serta bengkak pada tulang di belakang telinga dapat mengindikasikan adanya proses infeksi tulang mastoid (mastoiditis). Tumor jinak dan ganaspun dpaat menjadi salah satu penyebab benjolan.

Jika benjolan sampai mengeluarkan cairan kekuningan seperti nanah kemungkinan sudah terjadi infeksi. Hal ini bisa disebabkan karena kontak dengan kuman (misal dari tangan) atau kondisi kebersihan telinga yang kurang. Hindari memegang benjolan/luka dengan tangan. Jika benjolan dari awal sering mengeluarkan darah harus dicurigai adanya keganasan, mungkin diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti biopsi. Untuk itu kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan telinga Anda sehingga dapat diberikan pengobatan yang optimal.

Untuk benjolan-benjolan yang muncul pada area lain seperti di dekat pergelangan tangan dan leher, sebaiknya juga anda periksakan ke dokter terlebih dahulu. Untuk mengetahui jenis benjolan tersebut dan penanganan selanjutnya yang tepat seperti apa.

Berikut beberapa artikel lain sebagai bahan bacaan anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar