Sukses

Kulit Bekas Radioterapi

15 Jul 2020, 13:56 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok,saya adalah pasien yg di diagnosa kanker adenoid cystic carcinoma,dan sudah dilakukan tindakan radioterapi kemudian bekas radioterapi tersebut belum hilang,apakah ada obat untuk bekas radioterapi tersebut?

Terima kasih telah bertanya mengenai efek kulit bekas radioterapi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Radioterapi adalah pengobatan untuk kanker dengan sinar radiasi pengion, bertujuan untuk mematikan sel-sel tumor sebanyak mungkin dan memelihara jaringan sehat di sekitar tumor agar tidak menderita kerusakan terlalu berat.

Namun, seperti terapi lainnya, radioterapi juga memiliki kekurangan yaitu efek samping yang tidak diinginkan. Efek samping akut pada kulit yang langsung terkena sinar yaitu untuk sementara gosong, lama-kelamaan mengering dan gatal. Tidak ada penanganan khusus, yang diperlukan adalah kesabaran Anda untuk pergantian kulit hingga kembali normal. 

Sebaiknya, Jangan menggaruk, menggosok, atau menyikat area kulit tersebut. Gunakan air hangat untuk membasuhnya, kemudian keringkan dengan lembut dan hati-hati. Serta, lindungi kulit dari sinar matahari menggunakan payung atau pakaian yang ringan.

Namun, ada juga menjadi lembap, basah, dan mengalami iritasi/lecet, terutama di lipatan-lipatan tubuh. Jika ini yang anda alami, maka segeralah berkonsultasi kepada dokter Anda sebelum terjadi infeksi.

Umumnya efek samping yang terjadi pada kulit akan menghilang beberapa minggu setelah radioterapi dihentikan. Tetapi terkadang warna kulit bisa menjadi tetap lebih gelap dibanding sekitarnya, dan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jika anda merasa terganggu, apapun produk kulit yang akan anda gunakan untuk area kulit tersebut, sebaiknya terlebih dahulu anda konsultasikan kepada dokter yang menangani Anda. Kami tidak dapat memberikan saran maupun resep obat, karena dalam forum ini kami tidak dapat menggantikan konsultasi langsung dengan dokter.

Berikut beberapa artikel lain yang dapat anda baca.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar