Sukses

Penggunaan Gula dan Garam Pada MPASI

15 Jul 2020, 10:06 WIB
Pria, 31 tahun.

Apakah boleh dengan usia bayi 6 bulan makanannya dapat d campur dengan bunbuw sprt bawah gula dan garam utk penambah rasa

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Sejak dulu, garam sering dipakai untuk menambahkan rasa pada makanan anak. Namun sebetulnya, saat anak masih mengonsumsi ASI maka kebutuhan garam yang dibutuhkan masih bisa didapat dari ASI (atau susu formula jika ia mengonsumsinya). Jadi, anak tidak akan kekurangan sodium sekalipun makanannya tidak diberi garam. Jika diberikan di bawah usia 1 tahun kemungkinan ginjal bayi akan lebih berat bekerja.

World Action on Salt & Health menyatakan bahwa bayi sebenarnya hanya membutuhkan sedikit garam pada makanannya. Sebab, ginjal bayi belum berkembang sempurna untuk mengolah dan mencerna garam seperti orang dewasa. Sebaiknya Anda tidak menambahkan garam dapur sebelum anak berusia 12 bulan. Jika ingin menambahkan garam, berikan jumlah sedikit saja untuk menciptakan rasa yang agak berbeda (tidak perlu sampai membubuhkannya garam seperti pada makanan orang dewasa).

Rekomendasi takaran pemberian gula terhadap MPASI menurut American Heart Association Guidelines.

Bayi usia 6-8 bulan hanya boleh mendapatkan ½ - 1 sdt gula per hariBayi usia 8-12 bulan hanya boleh mendapatkan ½ - 1 ½ sdt gula per hariAturan tersebut berlaku untuk gula tambahan (gula pasir), bukan gula alami yang terdapat dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti buah-buahan dan susu rendah lemak.  Meski pada dasarnya anak-anak membutuhkan gula sebagai energi, tapi berikanlah dalam jumlah yang sesuai rekomendasi. Ini penting untuk mencegah obesitas dan kerusakan gigi.

Jadi, kesimpulannya Anda diperbolehkan untuk memberikan garam dan gula ke dalam MPASI si Kecil, tetapi dalam jumlah yang direkomendasikan, atau kalau saran dr. Dyah, kalau pemberiannya membuat anak mau makan. Berikan sesedikit mungkin pada anak di bawah 12 bulan karena berkaitan dengan kesehatan ginjalnya. Setelah melewati usia 1 tahun, pemberian gula dan garam lebih bebas, tetapi tetap harus dibatasi.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar