Sukses

Alergi Hena

10 Jul 2020, 18:14 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok.saya ingin bertanya. Anak saya kemaren memakai hena di bagian kulit kaki.selepas itu,dihapus dgn beking soda.hingga saat ini.kaki anak saya menimbulkan alergi..hampir menyerupai kurap. Bisa dokter beri tau obat alaminya dok..mohon bantuannya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Kelainan ini mengarah kepada dermatitis kontak alergi. Dermatitis kontak adalah inflamasi / peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam (kemerahan) yang besar, gatal dan rasa terbakar serta timbul bintik bintik kecil berisi cairan dan hal ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut.

Gejala atau keluhan ini akan timbul selama Anda berkontak dengan bahan pencetus alergi. Penanganannya yang terutama adalah menghindari kontak alergen, yang dalam hal ini Anda sudah mengetahuinya yaitu tato henna. 

Penangangan dermatitis kontak alergi bisa diatasi dengan pemberian kortikosteroid topikal (bila ringan) maupun kortikosteroid oral, namun obat tersebut digunakan atas pengawasan dokter. Sayang sekali kami tidak dapat memberikan resep terkait dengan keluhan Anda, dalam memberikan suatu terapi obat dibutuhkan adanya data wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat kelainan kulit yang terjadi. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat dilihat uji kelainan kulitnya. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar