Sukses

Mungkinkah Kista Ovarium?

10 Jul 2020, 18:13 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang, Dok. Adik saya sakit perut kanan bawah, nyeri makin terasa ketika bergerak dan kaki ditekuk ke atas. Riwayat operasi usus buntu 3 tahun lalu. Pada hasil usg 3 tahun lalu ada kesimpulan juga "kista ovarium kanan, kesan benign". Adakah kemungkinan sakit perut kali ini karena kista tersebut? Mengingat usus buntu sudah dioperasi. Terima kasih, Dok

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Nyeri perut kanan bawah terjadi dan berkaitan dengan organ-organ yang terletak di bawah dari perut sisi kanan bawah. Beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah adalah kulit, otot, saraf, dan usus. Dari beberapa organ tersebut, memang penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis). Nyeri perut pada usus buntu umumnya dimulai dari daerah ulu hati, kemudian berpindah ke daerah perut kanan bawah. Biasanya keluhan nyeri perut pada usus buntu disertai pula dengan keluhan pencernaan (seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, dll) dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Demam juga dapat timbul, tetapi biasanya kenaikan suhu tubuh tidak akan lebih dari 38ºC. Jika ditemukan peningkatan suhu tubuh melebihi 38ºC maka kemungkinan besar sudah terjadi proses peradangan yang lebih luas di daerah perut.

Keluhan nyeri perut kanan bawah juga dapat berkaitan dengan organ reproduksi yang terdapat di bagian kanan misalnya ovarium kanan (indung telur sisi kanan) ataupun jaringan adneksa (jaringan sekitarnya).

Sebaiknya Anda periksakan langsung kondisi Anda pada dokter umum atau dokter spesialis kandungan untuk kemudian dapat diperiksa adanya kemungkinan penyakit ke arah organ reproduksi, atau bahkan yang lainnya. Umumnya Anda akan menjalani pemeriksaan laboratorium darah dan pemeriksaan USG untuk memastikan apakah terdapat kelainan dari bentuk atau penyebab lainnya yang dapat menyebabkan keluhan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar