Sukses

Tulang Belakang Menonjol

14 Jul 2020, 17:58 WIB
Pria, 18 tahun.

Permisi dok saya mau bertanya, ini terkait tulang belakang, tulang belakang saudara saya menonjol keluar dok, ini harus segera ditangani atau lebih baik seperti apa ya dok?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terimakasih telah bertanya tentang Tulang Belakang Menonjol melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sayang sekali Anda tidak menyebutkan jenis kelamin dan usia anak Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun sayangnya sulit bagi kami menentukan penyebab pasti penonjolan tulang tersebut karena tidak melakukan pemeriksaan langsung. Berdasarkan informasi yang Anda berikan ada kemungkinan yang menonjol tersebut adalah bagian dari tulang ekor.

Pada dasarnya tulang belakang terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian leher (cervikal), dada (thorakal), pinggang (lumbar), dan bagian pantat (sakral). Setelah susunan tulang belakang bagian pinggang (lumbar), terdapat susunan tulang belakang bagian pantat (sakral). Pada sebagian orang tulang sakral yang pertama bisa jadi sedikit menonjol.

Kemudian, ada juga penyakit yang dapat menyebabkan tonjolan pada bagian tulang belakang bayi seperti spina bifida (tidak menutupnya rongga tulang belakang) atau kelainan lain yang lebih jarang seperti infeksi TBC tulang.

Untuk memastikannya, kami menyarankan agar anak anda dibawa terlebih dahulu ke dokter spesialis anak. Dokter akan melihat dan menilai apakah itu kondisi normal ataukah kondisi yang tidak normal. Jika memang itu bukan kondisi normal, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih rinci, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan rontgent dan pemeriksaan lain sesuai indikasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Tulang Belakang Menonjol. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar