Sukses

Seputar Infeksi Jamur

14 Jul 2020, 10:06 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok. Kuku jempol kaki saya di setiap sisi sisinya merapuh, sampai akan merembet ke bagian dalam. Warnanya pun kuning. Kemudian dagig sisinya berwarna gelap. Kalau ditekan ada sedikit sensasi rasa gatal dan sakit. Itu kenapa ya dok

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan di Klikdokter.com 

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, kemungkinan yang Anda alami adalah infeksi jamur. Jamur kuku dapat disebabkan oleh berbagai jenis jamur. Jenis jamur yang paling sering ditemui sebagai penyebab masalah pada kuku adalah dermatofita. 

Seseorang bisa dianggap mengalami jamur kuku apabila satu atau lebih dari kuku jari tangan atau kaki menunjukkan gejala sebagai berikut:

Penebalan kukuPerubahan warna menjadi lebih putih atau kuning kecoklatanKuku yang rapuh, bergerigi, dan potongan-potongan kuku yang mudah patahPerubahan bentuk kukuWarna gelap yang disebabkan oleh penumpukan kotoran di bawah kukuBau yang tajamRasa nyeri atau tidak nyaman, terutama saat terjadi tekanan pada jari yang terinfeksi. 

Segera konsultasi lanjut dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan memastikan apakah benar hal tersebut infeksi jamur. 

Pengobatan bisa meliputi penggunaan obat antijamur, yang dapat diberikan secara oral (diminum) dan/atau topikal (dioleskan langsung pada kuku).

Umumnya, obat dikonsumsi 6–12 minggu. Hasil dari pengobatan ini tidak dapat langsung terlihat hingga kuku tumbuh kembali. Selain itu, dokter juga bisa menyarankan penggunaan krim kuku atau obat oles kuku tertentu

Bila pengobatan terbukti tidak efektif, prosedur pengangkatan kuku bisa saja dilakukan agar obat antijamur dapat langsung diberikan pada jaringan yang terinfeksi di bawah kuku. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar