Sukses

Gigi Terasa Sakit Hingga Ke Pipi

13 Jul 2020, 18:11 WIB
Wanita, 14 tahun.

Gigi saya tidak goyang tidak berlubang tapi sakit sampai pipi saya bengkak, saya liat gusi saya juga tdk bengkak. Saya minum in cataflam sakit nya hanya hilang sementara setelah itu kambuh lagi. Sudah seperti ini kurang lebih 3/4 hari an. 8ni gigi saya knp ya dok?

Halo Saudari,

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Gigi yang sakit tentu bisa disebabkan oleh berbagai hal, menurut penjelasan yang Anda sampaikan kemungkinan gigi yang sakit tersebut adalah gigi geraham tiga (Molar 3) yang impaksi, yaitu gigi yang terhalang pertumbuhannya sehingga menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, Kemungkinan kedua, bisa saja gigi tersebut sebetulnya sudah bolong tapi dari luar tampak utuh, yang disebut dengan karies menggaung. Jika sudah terdapat lubang gigi pada lapisan email yang merupakan lapisan terluar gigi meskipun kecil dan tak terlihat mata awam, karies gigi dapat meluas ke lapisan di bawah email yang lebih lunak bahkan mencapai rongga pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit berdenyut yang timbul secara spontan meski tidak didahului adanya rangsangan misalnya makanan panas/dingin.

Untuk memastikan kondisi apa sebetulnya yang sedang Anda alami, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter gigi. Besar kemungkinan Anda akan dirujuk ke bagian radiologi untuk dilakukan foto rontgen yang berguna dalam membantu menegakkan diagnosa dan rencana perawatan yang paling tepat.

 

Baca juga:

Gigi Mendadak Sakit padahal Tidak Bolong, Kenapa ya?

5 Tips Merawat Gigi agar Tak Berlubang

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/Android.

 

0 Komentar

Belum ada komentar