Sukses

Penyebab Sariawan

13 Jul 2020, 14:54 WIB
Wanita, 23 tahun.

Halo dok saya mau tanya kalau sering sariawan padahal sering makan buah dan sayur itu kenapa ya?

Halo Saudari,

Sariawan atau Stomatitis Aphtous Reccurent (SAR) adalah luka yang terbatas pada jaringan lunak rongga mulut. SAR sebetulnya dapat sembuh sendiri, karena sifat dari kondisi ini adalah ­self-limiting.

Obat-obatan untuk mengatasi SAR diberikan sesuai dengan tingkat keparahan lesi. Untuk kasus ringan, jenisnya bisa berupa obat salep yang berfungsi sebagai topical coating agent yang melindungi lesi dari gesekan dalam rongga mulut saat berfungsi dan melindungi agar tidak berkontak langsung dengan makanan yang asam atau pedas. Selain itu ada juga salep yang berisi anestesi topikal untuk mengurangi rasa perih. Obat topikal adalah obat yang diberikan langsung pada daerah yang terkena (bersifat lokal).

Pada kasus yang sedang hingga berat, dapat diberikan salep yang mengandung topikal steroid. Dan pada penderita yang tidak berespon terhadap obat-obatan topikal dapat diberikan obat-obatan sistemik.

Mengingat luka dalam rongga mulut seperti sariawan ini dapat berindikasi beberapa penyakit sistemik lain seperti penyakit Behcet’s, penyakit disfungsi neutrofil, penyakit gastrointestinal, HIV-AIDS, dan sindroma Sweet’s. Maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut (SpPM) agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu.

Baca juga:

Sering Sariawan, Haruskah Khawatir?

Cara Tangani Sariawan dengan Tepat

Tak Hanya Kurang Vitamin C, Ini 7 Alasan Anda Sering Sariawan

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/Android.

0 Komentar

Belum ada komentar