Sukses

Kutu air tidak kunjung sembuh

13 Jul 2020, 09:33 WIB
Wanita, 41 tahun.

Halo dokter mohon bantuan nya kaki saya mengalami kutu air yg tak kunjung sembuh sudah sekitar 4 bulan pdhl sdh memakai segala macam obat seperti miconazole clotrimazole ketokonazole (termasuk nizoral) chloramfecort pikangsuang gentamicin (termasuk genoint) saya sdh menjaga kebersihan dgn mandi 2x sehari kaki saya juga tdk basah dan kotor krn memakai sandal di dlm rumah termasuk jika ke toilet. Mohon dijawab dok terima kasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Apakah benar Anda mengalami kutu air? Sudahkah dikonsultasikan langsung ke dokter?

Penyebab Kutu Air

Kutu air disebabkan oleh jamur. Jamur yang menyebabkan kutu air hanya berkembang pada kondisi tertentu. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur. Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur. Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik. Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki.Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risiko tumbuhnya jamur kutu air.

Pengobatan Kutu Air

Kutu air yang tidak kunjung diobati berpotensi menyebar dari kaki ke bagian tubuh lain.Kutu air bisa diobati dengan obat anti jamur yang diambil secara oral atau dioleskan pada kulit. Jika infeksi jamur disertai dengan infeksi bakteri, dokter mungkin juga meresepkan antibiotik.

Untuk mencegah kutu air, pastikan kaki (termasuk sela-sela jari) dalam kondisi kering setelah mandi. Demikian pula, sepatu dan kaus kaki harus bersih, kering, dan berventilasi baik. Saat mencuci pakaian, gunakan penutup kaki agar terhindar dari paparan air yang bisa memicu kutu air.

Saran Kami berkonsultasilah langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung guna memastikan diagnosis dan mendapatkan terapi yang tepat sesuai penyebabnya.

Manfaat Merendam Kaki dalam Cuka

5 Cara Mudah Mencegah Kutu Air di Kaki

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar