Sukses

Batuk Lama

13 Jul 2020, 08:48 WIB
Wanita, 23 tahun.

Halo dok saya ingin bertanya, sekitar bulan juni lalu saya mengalami batuk kering selama kurang lebih seminggu diiringi dengan kondisi badan yang terasa kurang enak, kemudian saya berobat setelah berobat dan mnum obat, batuk berkurang dan mnjadi berdahak. Setelah itu batuk saya perlahan berangsur membaik. tak berapa lama kemudian setelah kejadian batuk belakangan ini saya menjadi sering batuk seperti batuk yang sering terjadi saat malam hari, tenggorokan saya rasanya gatal sekali dan juga batuk saya jadi sering seperti dalam dua hari sekali pasti batuk. Kira kira itu knapa ya dok?

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi dapat disertai keluhan bersin di pagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  • Asma
  • InfeksiTuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infeksi sinus
  • Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease): penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung
  • Penggunaan obat tertentu, seperti ACE inhibitor
  • Post Nasal Drip: ada cairan di belakang hidung.

 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar