Sukses

Menambah Tinggi Badan

08 Jul 2020, 17:50 WIB
Wanita, 21 tahun.

Halo dokter. Saya mau bertanya. Saya tidak puas dengan tinggi badan saya dan berencana membeli obat herbal (mengandung zinc dan NHCP) untuk meninggikan badan saya. Saya melihat review di internet dan hasilnya pro dan kontra. Saya bingung dok, saya ngga masalah kalo mungkin obatnya tidak berhasil, tapi saya takut kalo sampai terjadi efek samping di saya, saya lihat ada yang nyinggung kalo peninggi badan bisa membuat tulang memanjang dibagian yang tidak seharusnya sampai memerlukan operasi. Pertanyaan saya dok, efek samping obat herbal peninggi badan itu apa saja ya dok? Dan juga ada kemungkinan kah obatnya bekerja di saya? Terimakasih dok:)

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Tinggi badan dipengaruhi oleh faktor genetik, nutrisi, dan olahraga. Sekitar 60 – 80% perbedaan tinggi terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Sederhananya jika orang tua Anda tinggi, berarti kemungkinan besar juga Anda akan tinggi dan begitu juga sebaliknya. Sedangkan 20 – 40% dipengaruhi oleh faktor lainnya, yaitu nutrisi dan olahraga.

Penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20 tahun. Melihat umur Anda sekarang, kemungkinan adanya pertambahan tinggi sudah sangat kecil. 

Sampai saat ini, obat herbal untuk meninggikan badan belum bisa dibuktikan keefektifannya dalam penelitian ilmiah. Begitu juga dengan efek samping terhadap obat tersebut, belum diketahui secara pasti sampai mana keparahannya. Jadi, sebaiknya hindari menggunakan oabt herbal yang belum terbukti keefektifannya dan juga belum ber-BPOM agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar