Sukses

Seputar Rapid Tes

08 Jul 2020, 16:55 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok, saya dan keluarga diharuskan isolasi karena hasil rapid test reaktif,setelah menjalani tes swab dan menunggu beberapa hari ibu saya dihubungi oleh pihak medis bahwa ibu saya negatif, tetapi saya dan ayah saya disuruh menunggu hasil , apa itu benar masih menunggu atau saya dan ayah saya positif ya dok? Karena 2hari lagi ada swab disuruh ikut lagi, makasih sebelumnya dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Rapid tes merupakan alat screening untuk mendeteksi ada tidaknya antibodi yang terbentuk di dalam tubuh terhadap virus. Tes ini menggunakan sampel darah dan hasilnya pun dapat cepat terlihat. Tapi, yang perlu diketahui, rapid tes bukanlah alat untuk mendiagnosis suatu penyakit, melainkan hanya untuk screening awal. 

Jadi, jika Anda memiliki hasil tes rapid yang positif sebaiknya dipastikan lagi dengan melakukan tes PCR dengan mengambil sampel swab usapan lendir dari hidung atau tenggorokan. Jadi apakah Anda terkena corona virus, itu harus menunggu hasil swab tersebut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar