Sukses

Nyeri Lutut

08 Jul 2020, 14:33 WIB
Pria, 67 tahun.

Dok,lutut saya seminggu terahir in sakit kalau berjalan,berdiri,biasanya saya kompres dgn air hangat sembuh,kali ini malah tambah sakit,sebaiknya dikompres air hangat atau dingin ,sudah ke dokter,Terima Kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll), atau cedera. 

Osteoarthritis adalah peradangan pada tulang dan sendi yang disebabkan karena pengapuran. Biasanya terkena pada sendi - sendi besar, salah satunya seperti lutut. Gejalanya berupa susah berjalan, terasa kaku dipagi hari, susah jongkok, gampang jatuh. Osteoarthritis bisa juga disebabkan karena cedera, seperti keseleo, bekerja terlalu berat, terjatuh, ataupun olahraga terlalu berat. 

Biasanya dokter akan memberikan obat anti nyeri sebagai terapi. Namun selain obat, dianjurkan juga untuk menjalani pola hidup sehat, menurunkan berat badan apabila obesitas, mengurangi aktifitas yang berat dan bisa juga dengan fisioterapi. Anda juga dapat mengompres bagian lutut yang sakit secara bergantian dengan air hangat ataupun dingin selama 5-10 menit.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Bapak cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar