Sukses

Kanker Otak, Ini gejalanya!

08 Jul 2020, 10:59 WIB
Wanita, 25 tahun.

Assalamualaikum dok,saya mau tanya kalau kita sering pusing dan mual karena sering main hp apakah bisa memicu kanker otak?

Terima kasih karena Anda telah bertanya seoutar kanker otak dengan menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Tubuh secara teratur memproduksi sel baru yang berguna untuk pertumbuhan serta untuk menggantikan sel yang rusak atau yang sakit. Secara normal, sel tumbuh dan berkembang dengan cara yang tetap. Namun, ada pula pertumbuhan yang tidak normal (tidak terkontrol) yang kemudian tampak menjadi “benjolan” yang disebut tumor.

Tumor terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak melewati batas jaringan, tumbuh lamban, bersimpai atau berselaput pembungkus sehingga mudah dioperasi dan diangkat. Sedang tumor ganas atau kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh cepat, tidak bersimpai, tumbuhnya menyusup ke bagian lain melalui pembuluh getah bening.

Karsinogenesis atau proses terjadinya kanker dimulai dengan perubahan sederhana yang sering kali berubah menjadi tumor jinak dan sebagian akhirnya menjadi tumor ganas atau kanker.

Beberapa penyebabnya antara lain faktor genetik, usia, riwayat melakukan radioterapi, maupun adanya riwayat keluarga yang memiliki kanker. 

Gejala Kanker Otak

  1. Pusing atau nyeri/sakit kepala yang semakin lama semakin berat dan sering terjadi di pagi hari,
  2. badan terasa lemah,
  3. kebas pada lengan dan kaki,
  4. perubahan pada ingatan,
  5. kesulitan berjalan,
  6. perubahan tidak normal pada penglihatan secara signifikan,
  7. muntah-muntah hebat dan menyembur,
  8. kesemutan,
  9. penurunan berat badan,
  10. kesulitan bicara,
  11. perubahan perilaku,
  12. gangguan pada telinga maupun penglihatan
  13. kejang
  14. penurunan kesadara : pingsan, sering bingung,linglung. 

 

Demikian infromasi yang dapat kami berikan seputar kanker otak, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar