Sukses

Sakit Tenggorokan dan Flu

06 Jul 2020, 21:25 WIB
Pria, 26 tahun.

Malam dok, Izin bertanya kalau hidung meler dan mampet tenggorokan tidak enak dan langit2 mulut juga tidak enak. Apakah ada obat yang dapat meredakan dengan segera ?

Terimakasih telah menggunakan fitur tanya dokter. 

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain. Mengatasi radang tenggorokan tidaklah sulit, beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghindari asap rokok.

Flu atau Pilek baru muncul 1-3 hari setelah terserang virus influenza. Gejala pada umumnya adalah pasien bersin dan hidung meler. Lendir yang keluar dari hidung berwarna putih dan bisa berubah menjadi kuning kental. Biasanya, gejala tersebut disertai demam dan rasa sakit di seluruh tubuh.

Penyembuhannya hanya istirahat dan meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi obat hanya dilakukan kalau sangat diperlukan. Cukuplah istirahat, konsumsi vitamin, tetap konsumsi asupan makanan dengan gizi yang seimbang, banyak minum dan mengonsumsi buah dan sayuran.

Bersin dan hidung tersumbat yang sering terjadi dapat juga karena suatu reaksi alergi yang disebut sebagai rhinitis alergi. Jika terdapat deman sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan darah. Saran kami sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis THT, agar Anda mendapatkan diagnosis yang pasti, mendapatkan terapi yang sesuai dan gejala yang Anda rasakan segera tertangani. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar