Sukses

Penyebab Bisul

06 Jul 2020, 11:02 WIB
Wanita, 44 tahun.

Hallo selamat sore dok, saya mau nanya. Penyebab timbulnya bisul itu apa ya dok? Akhir" ini saya bisulan, jika udh sembuh tiba" muncul lagi.. itu kira" knpa ya dok?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan di Klikdokter. 

 

Bisul merupakan sekumpulan nanah yang berada di dalam suatu rongga kulit akibat infeksi kulit. Pada awalnya, kulit menjadi merah di area infeksi, lalu berkembang menjadi benjolan lunak. Setelah 4-7 hari, benjolan mulai memutih karena nanah yang terkumpul di bawah kulit.

Bisul paling sering terjadi di bagian wajah, leher, ketiak, bahu, dan bokong. Penyebab bisul bisa sampai muncul adalah karena bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam tubuh melalui goresan luka di kulit.

Umumnya, bisul hanya muncul satu, tidak berkelompok, dan di atas permukaan kulit. Jika bisul muncul secara berkelompok, maka ini merupakan jenis infeksi yang lebih serius, yang dinamakan karbunkel. Penyebab yang paling mungkin menimbulkan bisul adalah karena bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam tubuh melalui goresan luka di kulit. 

Sebaiknya segera ke dokter jika bisul sudah seminggu tak kunjung sembuh. Sebab, ternyata bisul bisa menginfeksi tulang. Paling bahaya lagi, bisul juga bisa sebabkan sepsis. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar