Sukses

Seorang Perempuan yang Merasa Dirinya Laki-laki

30 Jun 2020, 21:15 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat sore dok, mohon maaf sebelumnya kalau pertanyaan saya agak ribet dan panjang... Saya ingin bercerita mengenai keanehan dalam diri saya. Saya seorang yg terlahir perempuan seperti perempuan pada umumnya (pastinya fisik saya mempunyai payudara dan bisa menstruasi), tapi jiwa saya ini adalah seorang lelaki atau istilahnya "terjebak dalam raga yang salah", saya kadang berfikir bahwa seharusnya saya itu dilahirkan di tubuh laki² bukan perempuan bukannya saya melanggar kodrat atau engga bersukur dok, tp saya udh beberapa kali dandan feminin dan berpenampilan sesuai dengan kodrat saya yaitu perempuan utk melawan ego saya tp saya selalu nerasa setress, tertekan kalau saya tdk jadi diri sendiri dok, saya yakin 80% kalau saya ini seorang lelaki dok, saya mengalami keanehan dalam diri saya sejak kecil sampai sekarang tp saya selalu denial kalau saya bilang ke orang² saya cuman tomboy aja. Gara² masalah ini saya mengalami permasalahan sosial dok, dulu waktu kecil jika saya bergabung dengan teman perempuan saya merasa terkucilkan, kadang mengisolasi diri. Saya kenapa ya dok ? Apa yg saya alami ini ? Mohon saran dan bantuannya dok... Terimakasih, salam anonim... 🙏

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. apakah sebelumnya eprnah anda konsultasikan ke dokter spesialis kesehatan jiwa (psikiater? atau psikolog? apa saat kecil anda memiliki masalah keluarga? bagaimana dengan lingkungan anda sehari-hari? untuk mencari solusi yang paling cocok untuk anda tentu membutuhkan wawancara psikologi yang lebih mendalam karena agar dicari penyebabnya juga dan cara yang cocok untuk anda mengatasi masalah ini. 

untuk sementara yang bisa saya sarankan adalah tetap menjadi diri anda saja tanpa memikirkan apa kata orang. dengan begitu anda tetap bisa bersosialisasi dengan orang lain, mengurangi rasa cemas, dan meningkatkan kepercayaan diri karena pada dasarnya semua manusia itu unik. lebih lanjutnya sebaiknya anda konsultasikan ke psikiater atau psikolog untuk mendapatkan solusi yang pas dengan diri anda. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam, terlebih ada sesi Livechat Psikologi pada beberapa kesempatan, maka pantau terus jadwal Livechat KlikDokter di aplikasi maupun website www.klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar