Sukses

Mual dan Dada Terasa Panas

05 Jul 2020, 20:26 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya mau tanya. Dibagian dada tiba tiba terasa panas dan panasnya terasa sampai ke tengkuk serta punggung. Kemudian saya juga merasa mual saat itu. Apakah gejala gejala tersebut mengindikasikan suatu penyakit dok? Terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan penyebabnya adalah GERD (gastro-esophageal reflux disease). GERD adalah penyakit pada sistem pencernaan yang terjadi ketika asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Gejalanya berupa nyeri ulu hati, rasa terbakar di dada, terasa sesak atau berdebar, mual, muntah, mulut terasa pahit/asam, perut kembung, dan rasa tidak nyaman di tenggorokan. 

Untuk mengatasinya pastikan Anda memiliki pola makan yang teratur atau makan lebih sering tapi dengan porsi sedikit, hindari makanan pedas/asam, hindari kopi, hindari merokok, dan jangan langsung tidur atau berbaring setelah makan.

Jika keluhan Anda tidak membaik atau bertambah berat, sebaiknya berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar