Sukses

Nyeri Perut Menjalar Ke Punggung

30 Jun 2020, 21:15 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat sore dok, saya ingin bertanya, ibu saya beberapa hari ini mengeluhkan sakit di bagian perut sebelah kanan sampai punggung, rasanya seperti linu sampai ibu saya susah untuk bangun, badannya pun demam. Setelah beberapa hari muncul benjolan seperti bisul, dan bejolannya tidak hanya 1. Di perut ada 2 dan di punggung ada bintik2 merah seperti akan membesar. Ibu saya terkena penyakit apa ya dok? Mohon bantuannya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. kemungkinan keluhan ibu anda adalah cacar ular atau herpes zoster.

Cacar ular atau Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus varisela zoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf  dan dapat tereaktivasi  jika orang tersebut mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara. Bila tidak sedang mengalami lesi kulit maka tidak dapat terjadi penularan.

Obat yang terbaik adalah istirahat, makan dengan nutrisi yang cukup, minum obat antivirus, dan obat untuk mengatasi gejala lainnya. Untuk memastikan keluhan ini disarankan tetap berobat secara langsung.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar