Sukses

Mulut Terasa Pahit dan Badan Sakit

30 Jun 2020, 21:15 WIB
Pria, 21 tahun.

Permisi dok, sya mau tanya dok mama saya sakit. Mulut terasa pahit dan panas, bola mata rasa panas, badan2 sakit semua dan kalau mau makan rasa mual. Tolong dok bantu syaaa sapa tahu dok tahu penyakit mama saya atau tahu obat apa yang harus mama saya minum. Terima kasih dok.

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Berbagai keluhan yang Anda kemukakan dapat merupakan gejala yang berdiri sendiri atau terkumpul dan terdapat dalam suatu penyakit. Mulut yang pahit dapat disebabkan oleh dehidrasi atau demam tinggi. Pada kondisi ini, produksi air liur menjadi berkurang sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob yang menghasilkan sulfur di dalam mulut, sulfur inilah yang membuat mulut terasa pahit dan kemampuan indra pengecap menghilang.

Pada kasus Anda, mengingat Anda memiliki riwayat maag, keluhan tersebut kemungkinan disebabkan oleh penyakit GERD atau gastroesophageal reflux disease. Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll. 

Namun untuk mengatasinya dan memastikannya diperlukan informasi yang lebih dalam dan tentunya dengan disertai dengan pemeriksaan langsung oleh Dokter.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar