Sukses

Amandel Membengkak, Apa Radang Amandel?

03 Jul 2020, 11:04 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok amandel saya sebelah kanan membesar setelah 2 hr yg lalu minum minuman boba dan ada bercak² putih kecil², untuk menelan rasanya sakit, badan saya demam saat malam hari saja (38 C), kalau pagi sekitar 37-37,5C, saya juga punya riwayat radang amandel saat kecil.Ini kira² kenapa ya? Apa radang amandel?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. Kemungkinan yang anda alami memang radang amandel/tonsil atau disebut tonsilitis.

Putih-putih yang Anda maksud disebut dengan detritus. Apakah saat ini keluhan nyeri menelan telah hilang? Jika ya dan demam juga sudah menghilang, maka Anda tak perlu lagi mengonsumsi antibiotik. Penggunaan antibiotik berbeda golongan tanpa evaluasi langsung dengan dokter tidak dianjurkan. Apalagi antibiotik yang diresepkan dokter jauh lebih poten daripada yang Anda ajukan. Detritus ini memang tidak langsung menghilang meski antibiotik sudah habis diminum. Indikatornya selain detritus yakni pembengkakan tonsil berkurang dan keluhan subjektif berkurang atau hilang.

Sebaiknya Anda kembali kontrol ke dokter yang merawat setelah obat habis.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar